Sejarah turisme Switzerland yang dikenal sebagai negara tujuan wisata di dunia tidak bisa lepas dari kisah heroik para pendaki gunung yang berjuang menaklukan gunung-gunung di gugusan pegunungan Alpen yang membentang di Eropa barat melewati negara-negara Italia, Swiss, Jerman, Austria, hingga ke Yugoslavia.

Eiger Mountain

Destinasi petualangan di Swiss lahir dari sejarah panjang antusiasme para pelancong untuk mendaki titik-titik tertinggi gunung-gunungnya. Catatan-catatan penting sejarah pendakian gunung di Switzerland dan Eropa merujuk pada antusiasme pendakian ke Eiger Mountain yang seakan tidak pernah mengenal kata surut. Sejak puncaknya pertama kali dicapai lewat jalur sisi barat pada 11 Agustus tahun 1858, hingga saat ini pencapaian para pendaki gunung untuk menorehkan tinta emas pada pendakian Eiger Mountain terutama dinding utaranya masih terus berlangsung. Rekor demi rekor kecepatan pendakian terus ditorehkan para pendaki gunung dari berbagai belahan dunia.

Di era sebelum perang dunia, euforia penaklukan dinding utara Eiger berhembus begitu kencang hingga masuk ke wilayah politik. Para pendaki Eiger Mountain berlomba menaklukan dinding utara Eiger tidak hanya dengan misi membawa kebesaran nama dan kepentingan pribadinya, melainkan juga membawa motivasi untuk kebanggaan dan nama besar bangsanya. Adolf Hitler dan partai Nazi Jerman mempunyai kepentingan dalam obsesi penaklukan dinding maut ini. Tahun 1936 Jerman akan menggelar Summer Olympic di Berlin. Kesuksesan pendakian di dinding utara Eiger akan menjadi api yang menyulut semangat dan kebesaran bangsa Jerman, sehingga Hitler menjanjikan medali setingkat medali emas Olympiade bagi pendaki pertama yang berhasil menaklukan dinding utara Eiger.

Menelusuri jantung pegunungan Alpen, membuat kisah-kisah heroik pendakian Eiger bukan sekedar dongeng penghibur turis. Kisah-kisah pendaki gunung itu seakan menjadi pengantar untuk memahami kedekatan gunung dalam tradisi dan budaya masyarakat Swiss dan masyarakat di gugusan pegunungan Alpen. Termasuk, mendapatkan (sedikit) jawaban, mengapa para pendaki Eiger Mountain itu mau bersusah-payah mendakinya.

Eiger Indonesia

Dari sinilah filosofi Eiger Indonesia berasal. Kata ‘Eiger’ berasal dari nama sebuah gunung di Swiss yang memiliki ketinggian 3970 mdpl. Menurut bahasa lokal, ‘Eiger’ sendiri berarti sebuah ogre kecil. Eiger Mountain bukanlah gunung tertinggi di dunia tetapi merupakan salah satu gunung yang paling sulit untuk didaki.

Saat pertama kali dibentuk, Eiger Indonesia memulai dengan tas. Saat itu Eiger Indonesia belum memiliki toko hanya sebatas rumah kontrakan yang difungsikan sebagai kantor. Pada tahun 1998 Eiger Indonesia baru memproduksi produknya sendiri. Dengan diawali 2 tukang jahit kini Eiger sudah memiliki 800 penjahit dengan pabrik di Soreang, Bandung.

Eiger Indonesia ditujukan untuk peralatan kegiatan outdoor, seperti mendaki gunung, kemah, panjat tebing dan aktifitas lainnya yang masih menyangkut masalah kegiatan luar.